SMP Negeri 1 Gemolong

Jl. Diponegoro 60 Gemolong

Mewujudkan sekolah Adiwiyata berprestasi

Adiwiyata Mandiri SMPN 1 Gemolong

Rabu, 25 Oktober 2023 ~ Oleh Admin ~ Dilihat 401 Kali

Pada Tanggal 17 Oktober 2023 SMP Negeri 1 Gemolong meraih penghargaan sebagai sekolah Adiwiyata Mandiri, penghargaan diserahkan di Jakarta. 

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) kembali menggelar penghargaan Adiwiyata 2023. Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar memberi selamat kepada sekolah yang mendapatkan penghargaan Adiwiyata 2023.
"Saya atas nama pemerintah mengucapkan selamat kepada 134 sekolah yang mendapatkan penghargaan Adiwiyata Mandiri dan kepada 417 sekolah yang mendapatkan Adiwiyata Nasional," ucap Siti di auditorium gedung Manggala Wanabakti KLHK, Selasa (17/10/2023).

Penghargaan Adiwiyata merupakan program pengembangan pendidikan lingkungan hidup pada jenjang pendidikan dasar hingga menengah yang digelar oleh KLHK. 

Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (GPBLHS) atau Adiwiyata juga menjadi salah satu upaya dalam pengelolaan lingkungan di Indonesia.

"Praktik-praktik baik dan perilaku ramah lingkungan hidup yang dilaksanakan di sekolah dan sekitar sekolah dalam rangka GPBLHS akan berdampak terhadap peningkatan kualitas lingkungan hidup di sekolah dan sekitarnya dan akan berdampak pada daerah setempat sehingga bisa kita dapatkan lingkungan pemukiman yang baik dan sehat," katanya.

adiwiyata

Tercatat, jumlah sekolah yang mendapatkan penghargaan Adiwiyata ini meningkat dari tahun sebelumnya. Terdapat 36,7 persen lebih banyak untuk Adiwiyata Nasional dan 42,5 persen bagi Adiwiyata Mandiri.

"Dengan capaian ini, diharapkan akan semakin cepat upaya Indonesia untuk mencapai SDGs 2030, mempersiapkan diri dalam Indonesia Emas 2045 dan mencapai net emission pada 2060 atau lebih awal," ujarnya.

Penghargaan Adiwiyata 2023 ini sendiri merupakan rangkaian Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2023 yang ditukangi oleh Pusat Pengembangan Generasi LHK, BP2SM KLHK bersama dengan mitra Danone Indonesia.

  1. TULISAN TERKAIT
...

Drs. WS Gunawan.M.Pd

Bismillahirohmannirrohim Assalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh Alhamdulillahi robbil alamin kami panjatkan kehadlirat Allah SWT, bahwasannya dengan rahmat dan karunia-Nya lah akhirnya Website…

Selengkapnya